ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Main Author: Avita Nurhidayah, Dwi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/2774/1/Artikel%20Avita.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2774/
http://library.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada penerapan Kurikulum 2013. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah ada beberapa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada penerapan Kurikulum 2013, hal ini yang menyebabkan prestasi belajar matematika yang dicapai kurang memuaskan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket atau kuesioner yang terdiri dari butir-butir pertanyaan yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) Faktor fisiologi, faktor sosial, faktor emosional, faktor intelektual, faktor pedagogik. 2) Upaya guru yang sudah dilakukan antara lain: pada setiap pembelajaran bertanya pada sisiwa tentang materi yang belum dipahami, menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar, membantu memperbaiki kebiasaan belajar siswa, memotivasi siswa setiap pembelajaran matematika. Kata kunci: Faktor kesulitan belajar, kurikulum 2013