Daftar Isi:
  • Sebagai sebuah lembaga non formal, keharmonisan dalam keluaga sangat menentukan kepribadian anak kaena dengan keluaga yang harmonis akan berdampak positif bagi ptumbuhan dan perkembangan anak, dalam keluarga yang harmonis didalamnya terdapat hubungan yang akrab antara anggota keluaga, perhatian orang tua terhadap anak-anaknya sehingga akan berdampak poistif dalam motivasi/ semangat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui keharmonisan keluarga siswa Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo, Untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo dan Untuk mengetahui Sejauh mana pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo. Variabel terikat (x) dalam penelitian ini adalah pengaruh keharmonisan keluarga , sedang variabel bebasnya (y) adalah motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu hasil pengolahan data dengan menggunakan perhitungan statistik. Sedangkan instrument penelitian ini menggunakan penyebaran angket kepada siswa. Populasi berjumlah 60 anak dengan mengambil sampel sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data variabel x, yang diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak 20 soal tentang keharmonisan keluarga, dan 20 soal tentang motivasi belajar. Setelah melaksanakan analisa dan pembahasan dalam penelitian ini, maka penulis dapat mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, Terdapat pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa dengan menghasilkan rxy sebesar 0,77 berada pada interval 0.61 – 0.80, maka jika dikonsultasikan pada table interpretasi data tersebut dalam kategori adanya pengaruh yang tinggi. Dengan demikian semakin tinggi motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „Aisiyah Bondrang Sawoo Ponorogo. Begitu pula sebaliknya semakin rendah keharmonisan keluarga akan semakin buruk pula motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo. Uji koefisien determinasi diperoleh 59% berarti motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo sebanyak 59 % dipengaruhi oleh keharmonisan keluarga. Kesimpulan yang diperoleh bahwa adanya korelasi yang tinggi antara keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo.