Daftar Isi:
  • Kata kunci: Upaya, Membina Kepribadian Siswa Pada era globalisasi ini, lembaga pendidikan dihadapkan pada perkembangan zaman yang begitu pesat. Perkembangan dan kemajuan zaman itu sendiri memiliki dampak positif dan negatif pada peradaban manusia. Masalah dampak negatif yang perlu menjadi perhatian antara lain adalah kepribadian dan perilaku (khususnya) remaja usia sekolah yang tidak mencerminkan kepribadian sebagai seorang Muslim dan adat-istiadat bangsa Indonesia. Terjadinya tindakan dan perilaku menyimpang pada remaja usia sekolah seperti halnya perkelahian, mengkonsumsi narkoba, minum minuman keras, serta lunturnya sikap sopan santun kepada orang yang lebih dewasa dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pembentukan kepribadian Muslim kepada siswa-siswi SMP Muhammadiyah 7 Bajang Mlarak Ponorogo, yang selanjutnya dirumuskan kedalam tiga hal, yaitu; apa makna kepribadian Muslim, bagaimana upaya pembinaan kepribadian Muslim dan hasil upaya pembinaan kepribadian Musliam di SMP Muhammadiayah 7 Bajang Mlarak Ponorogo. Jenis dan pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi Dari hasi penelitian, dapat dipahami bahwa dengan upaya dan kerjasama berbagai pihak terkait dalam sekolah, maka upaya pembinaan kepribadian Muslim terhadap siswa-siswi dapat terwujud. Yaitu kepribadian yang sesuai dengan norma dan aturan agama Islam. Sifat-sifat ini tercermin dalam perilaku keseharian sebagai Muslim yang taqwa, disiplin, sabar, taat dan patuh kepada orang tua.