ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE ATAU MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL (Studi Kasus Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo Angkatan Tahun 2012/2013)
Main Author: | Cahyu Kurniasari, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/2555/1/COVER-DAFTAR%20TABEL.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/6/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/37/LAMPIRAN%201-9.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2555/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kepercayaan, kualitas pelayanan, dan minat beli terhadap keputusan pembelian secara online. Data penelitian ini diperoleh dari metode penyajian data hasil tanggapan responden (kuesioner). Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 responden dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan Tahun 2012/2013 Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang pernah berbelanja secara online. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan nilai signifikan 5%. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi : Y = 6,149 + 0,231 X1 + 0,186 X2 + 0,359 X3 + e Di mana variabel keputusan pembelian (Y), kepercayaan (X1), kualitas pelayanan (X2), dan minat beli (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa secara parsial ketiga variabel independen secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa secara bersama-sama ketiga variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,377 menjelaskan bahwa 37,7% keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel independen yaitu kepercayaan, kualitas pelayanan, dan minat beli. Sedangkan 62,3% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : keputusan pembelian, kepercayaan, kualitas pelayanan, dan minat beli.