PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA SWALAYAN SURYA PUSAT PONOROGO)

Main Author: Sugiharti, Mahmudah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/243/1/hal%20dpn-bab%201%20mahmudah.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/243/2/BAB%20II-5%20mahmudah.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/243/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi dalam keputusan pembelian yaitu, harga dan lokasi dalam memutuskan pembelian di Swalayan Surya Pusat Ponorogo, dan menganalisis faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen Swalayan Surya Pusat Ponorogo dengan jumlah 108 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan siapa saja yang ditemui secara kebetulan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 14,446 - 0,287 X1 + 0,356 X2. Maksud dari persamaan tersebut adalah, (a) pada saat variabel Harga dan lokasi tidak ada atau dalam keadaan konstan, maka Keputusan Pembelian sebesar 14,446. (b) apabila variabel harga naik satu satuan , maka keputusan pembelian akan turun sebesar 0,287, dimana faktor lainnya dalam keadaan konstan. (c) apabila variabel lokasi naik satu satuan , maka keputusan pembelian akan naik sebesar 0,356, dimana faktor lainnya dalam keadaan konstan. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai adjusted R square pada tabel model summary adalah 0,304. Hal ini berarti 30,4 % keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh harga dan lokasi. Sedangkan sisanya yaitu 69,6 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari pergitungan uji t diketahui variabel harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian di Swalayan Surya Pusat Ponorogo, ini dibuktikan dengan t hitung < t tabel. Sedangkan variabel lokasi berpengaruh positif, ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel. Hasil F hitung sebesar 24,414 dan F tabel sebesar 8,58. Sehingga F hitung > F tabel, yang berarti variable harga dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.