PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG DONGENG SEBAGAI STIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH Di TK Muslimat 1 Ponorogo
Daftar Isi:
- Sebagian besar orang tua paham tentang dongeng, tetapi mereka jarang yang faham tentang manfaat dongeng sebagai stimulus perkembangan kecerdasan anak dan jarang pula yang mendongengi anaknya sebelum mereka tidur. Mereka lebih memilih menggunakan gadget untuk sarana menstimulus perkembangan kecerdasan anak, Keengganan orang tua untuk menggunakan metode mendongeng dalam hal menstimulus perkembangan kecerdasan dipicu berbagai faktor seperti tidak punya waktu, malas dan alasan tidak bisa mendongeng .Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi seluruh orang tua yang mempunyai anak usia pra sekolah di kelas B-1, B-2 dan B-3 TK muslimat 1 Ponorogo sebanyak 52 responden. Metode penelitian menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan disajikan dalam bentuk tabel ditribusi frekuensi maupun tabulasi silang Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh responden sebanyak 33 responden (63,5%) berpengetahuan baik dan kategori kurang ada sebagian kecil atau 19 responden (36,5%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran untuk pengembangan penelitian lebih lanjut terkait analisa pengaruh dongeng dalam pengembangan kognitif anak usia pra sekolah. Kata kunci : pengetahuan orang tua, dongeng, stimulus perkembangan kognitif, anak usia pra sekolah