“PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA KELAS IV DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Main Author: BUDIYANTO, BUDIYANTO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/2191/1/jkptumpo-gdl-budiyanto-243-1-bab1%26-.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2191/
http://library.umpo.ac.id
ctrlnum 2191
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umpo.ac.id/2191/</relation><title>&#x201C;PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA KELAS IV DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012</title><creator>BUDIYANTO, BUDIYANTO</creator><subject>Islamic Studies</subject><description>Pembelajaran yang monoton dengan pola konvensional yang sering digunakan oleh guru dalam setiap pembelajaran ternyata dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang sempurna. Hal ini disebabkan karena dalam setiap pembelajaran jika menggunakan metode konvensional dapat menjadikan siswa kurang mempunyai semangat dan motivasi belajar yang tinggi saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran maka salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode Word Square, dengan metode ini kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan menyenangkan. &#xD; &#xD; Rumusan masalah yang dilakukan oleh peneliti dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode word square pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MI-Albarokah Purwantoro.. 2) Apakah metode word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Al-Barokah Purwantoro. 3) Apa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan metode word square pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Al-Barokah Purwantoro. &#xD; &#xD; Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan metode Word square di MI Al-Barokah Purwantoro. Metode Word Square merupakan metode pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban dalam kotak-kotak jawaban. Cara penerapanya dalam pembelajaran adalah dengan membuat uji kompetensi dengan bentuk kotak-kotak seperti teka teki silang. Selain itu metode ini juga bisa dikombinasikan dengan metode pembelajaran yang lain agar lebih menarik. &#xD; &#xD; Sesudah diterapkannya metode Word square dalam pembelajaran, diperoleh hasil yang sangat efektif. Hasil tindakan pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awalnya yang hanya 24% siswa yang hasil belajarnya sesuai kriteria ketuntasan belajar menjadi 76%, sedangkan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90% siswa.Untuk itu penggunaan metode Word square mempunyai pengaruh yang besar dan dampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan.</description><date>2013-03-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/2191/1/jkptumpo-gdl-budiyanto-243-1-bab1%26-.pdf</identifier><identifier> BUDIYANTO, BUDIYANTO (2013) &#x201C;PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA KELAS IV DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. </identifier><relation>http://library.umpo.ac.id</relation><recordID>2191</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author BUDIYANTO, BUDIYANTO
title “PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA KELAS IV DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012
publishDate 2013
topic Islamic Studies
url http://eprints.umpo.ac.id/2191/1/jkptumpo-gdl-budiyanto-243-1-bab1%26-.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2191/
http://library.umpo.ac.id
contents Pembelajaran yang monoton dengan pola konvensional yang sering digunakan oleh guru dalam setiap pembelajaran ternyata dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang sempurna. Hal ini disebabkan karena dalam setiap pembelajaran jika menggunakan metode konvensional dapat menjadikan siswa kurang mempunyai semangat dan motivasi belajar yang tinggi saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran maka salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode Word Square, dengan metode ini kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan menyenangkan. Rumusan masalah yang dilakukan oleh peneliti dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode word square pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MI-Albarokah Purwantoro.. 2) Apakah metode word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Al-Barokah Purwantoro. 3) Apa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan metode word square pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Al-Barokah Purwantoro. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan metode Word square di MI Al-Barokah Purwantoro. Metode Word Square merupakan metode pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban dalam kotak-kotak jawaban. Cara penerapanya dalam pembelajaran adalah dengan membuat uji kompetensi dengan bentuk kotak-kotak seperti teka teki silang. Selain itu metode ini juga bisa dikombinasikan dengan metode pembelajaran yang lain agar lebih menarik. Sesudah diterapkannya metode Word square dalam pembelajaran, diperoleh hasil yang sangat efektif. Hasil tindakan pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awalnya yang hanya 24% siswa yang hasil belajarnya sesuai kriteria ketuntasan belajar menjadi 76%, sedangkan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90% siswa.Untuk itu penggunaan metode Word square mempunyai pengaruh yang besar dan dampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan.
id IOS2857.2191
institution Universitas Muhammadiyah Ponorogo
institution_id 335
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo
library_id 304
collection Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo
repository_id 2857
subject_area Agama
Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
city PONOROGO
province JAWA TIMUR
repoId IOS2857
first_indexed 2016-09-21T23:04:27Z
last_indexed 2017-02-25T16:09:19Z
recordtype dc
_version_ 1765882133892562944
score 17.538404