Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Student Team Achievement Division Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Satu Atap Ngebel Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Puspitasari, Indah Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/2104/1/jkptumpo-gdl-indahdwipu-423-1-abstrak%2C-h.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2104/ |
Daftar Isi:
- Dengan lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, diharapkan mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan bagi setiap warga negaranya. Pendidikan kita diharapkan biasa berjalan secara efektif dan efisien serta mampu menghadapi tantangan pengetahuan global. Pendidikan adalah tonggak awal keberhasilan untuk kehidupan peserta didik dimasa akan datang. Keberhasilan itu bisa diukur dengan proses pelaksanaan pembelajaran dikelas. Bagaimana seorang guru melakukan pengelolaan kelas dan tindakan apa serta teknik pembelajaran apa yang dipakai untuk keberhasilan pembelajaran. Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan uraian diatas peneliti ingin nmelaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Upaya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada siswa kelas VII SMPN 2 Satu Atap Ngebel Ponorogo tahun pelajaran 2012/ 2013”