RAGAM DAN INOVASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA(Kajian terhadap Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini)
Main Author: | Fadlillah, M |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unmuh Ponorogo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/2020/1/COVER-E-PROSIDING-A.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2020/2/067-m.-fadhilah.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2020/ |
Daftar Isi:
- Beberapa tahun terakhir pendidikan anak usia dini di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Banyak model pendidikan anak usia dini yang dapat menjadi pilihan masyarakat untuk pendidikan buah hatinya. Mulai dari Daycare Center (TPA), Play Group sampai Taman Kanak-kanak (TK/RA). Model-model pendidikan anak usia dini tersebut menawarkan beberapa program unggulan, baik yang sifatnya halfday maupun fullday. Halfday merupakan pendidikan yang berlangsung setengah hari, sedangkan fullday ialah pendidikan yang berlangsung satu hari penuh. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk menggambarkan model-model pendidikan anak usia dini beserta Inovasinya di Indonesia yang dilengkapi dengan analisis keunggulan dan kelemahan masing-masing model yang ada. Harapannya hal ini dapat dijadikan sebagai refrensi orang tua dalam memilih dan menentukan pendidikan tepat dan terbaik untuk buah hatinya yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan masing-masing. Dengan demikian, semakin banyaknya ragam dan inovasi pendidikan anak usia dini akan dapat memfasilitasi tumbuh kembang anak dengan optimal, sehingga kedepannya mampu mewujudkan Indonesia yang berkemajuan. Kata Kunci: model, inovasi, dan pendidikan anak usia dini