PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN STRATEGI POLYA PADA SISWA KELAS 5 SDN 2 NOLOGATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | PRASETYO, BAYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/1933/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1933/ https://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dari pembelajaran matematika di sekolah tidak hanya agar siswa mampu untuk menyelesaikan soal-soal matematika dan mendapatkan nilai baik dalam ujian. Lebih dari itu siswa diharapkan mampu memecahkan masalah matematika agar mereka mampu berpikir sistematis, logis, dan kritis serta gigih memecahkan masalah yang dihadapinya. Berdasarkan hasil observasi, di SDN 2 Nologaten tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih begitu rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tersebut adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan strategi Polya pada siswa kelas 5 SDN 2 Nologaten. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5B SDN 2 Nologaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan strategi Polya pada siswa kelas 5B SDN 2 Nologaten. Pada tes siklus 1 diperoleh 60,87% siswa yang mendapat rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika ≥ 3,00, kemudian mengalami peningkatan menjadi 73,91% pada siklus 2. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Strategi Polya, Matematika