PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL SISWA KELAS VI SDN 2 BEKIRING PULUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: RIMBAWATI, ALFITRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/192/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/192/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas VI SDN 2 Bekiring, dan untuk mengetahui apakah dengan dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas VI SDN 2 Bekiring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Realistic Mathematics Education sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, dan evaluasi tes hasil belajar. Hasil penelitian selama siklus satu menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa terdapat 2 aspek yang memenuhi kriteria baik, dan terdapat 7 aspek yang masuk kriteria cukup. Sedangkan nilai hasil belajar matematika siswa mencapai persentase ketuntasan secara klasikal 25%. Hasil penelitian selama siklus II dari semua aspek aktivitas siswa yang telah diamati telah mencapai kriteria baik 4 aspek dan kriteria cukup 3 aspek. Hasil belajar matematika siswa diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 66,67%. Hasil penelitian pada siklus III dari 8 aspek mencapai kriteria baik semua dan hasil belajar mencapai 91,7% Kata kunci: Realistic Mathematics Education, aktivitas belajar siswa dan Hasil belajar siswa.