PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIA PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 2 BABADAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | FATA NUROHMAN, MALIK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/1918/7/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/4/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/6/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/2/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1918/ http://libraryumpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo tahun pelajaran 2015-2016 melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo pada bulan Januari tahun 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian di peroleh dari wawancara, observasi dan tes, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Tes digunakan untuk mengetahui kreatifitas dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian dan pembahasan mencakup hasil temuan dari penerapan model pembelajaran yang digunakan. Setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided discovery learning, kreatifitas dan prestasi belajar siswa menunjukan adanya peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan persentase skor rata-rata kreatifitas siswa adalah 62,45% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 81,90% pada siklus 3. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa secara klasikal adalah 63,67 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 82,86 pada siklus 3. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning dapat meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Kreatifitas, Prestasi Belajar Siswa.