PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII F SMP NEGERI 1 SUKOREJO 2015 / 2016

Main Author: RAHAYU, TOMI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/1814/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1814/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan cara meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode inkuiri di kelas VII F SMP Negeri 1 Sukorejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Sukorejo yang berjumlah 21 siswa, dengan 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016 di SMP Negeri Sukorejo yang beralamat di Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat tiga pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari angket minat belajar siswa dan lembar observasi minat belajar siswa.. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan minat belajar matematika kelas VII F di SMP Negeri 1 Sukorejo. Penerapan metode inkuiri dengan langkah-langkah, (1) Guru mengajukan pertanyaan atau permasalahan, (2) Merumuskan hipotsis, (3) Mengumpulkan data, (4) Analisis data, (5) Membuat kesimpulan. melalui metode inkuiri dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dalam penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu nilai rata-rata yang meningkat dari siklus I (43.55) dan siklus II(48.49) sedangkan pada rata-rata nilai pra siklus adalah 43.89 penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika dikatakan berhasil, dengan katagori minat belajar tinggi. Kata Kunci : minat belajar, pembelajaran matematika, metode inkuiri