PENGARUH GAME DADU DALAM METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI DAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 2 KEC. NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: SULASTRI, NOVI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/1806/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1806/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Prestasi , Daya Ingat, Game Dadu, Discovery Learning Latar belakang penelitian ini adalah siswa masih sulit untuk memahami konsep dalam matemtika. Mereka kurang menyukai matematika karena menganggap matematika itu sulit sehingga timbul rasa malas untuk mempelajari dan berdampak pada rendahnya prestasi siswa. Dengan kelebihan dalam metode discovery learning dan kelebihan dari permainan matematika diharapkan dapat mempengaruhi prestasi dan kulaitas daya ingat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game dadu dalam metode discovery learning terhadap prestasi dan daya ingat siswa pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP2 Kec. Ngrayun tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan true eksprimen design Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP N 2 Kec. Ngrayun tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Uji hipotesis dengan uji – t. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus- September 2015. Hasil uji hipotesis data prestasi siswa dengan uji – t diperoleh =1.707068 dengan =1.67155 maka nilai jatuh pada daerah kritis. Nilai rata-rata prestasi siswa dengan game dadu dalam metode discovery learning adalah 74 dan prestasi siswa dengan pembelajaran metode discovery learning adalah 66.22. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game dadu dalam metode discovery learning berpengaruh lebih baik terhadap prestasi siswa pada materi operasi bilangan bulat. Hasil uji hipotesis data daya ingat siswa dengan uji – t diperoleh = 1.720401 dengan =1.67155 maka nilai jatuh pada daerah kritis. Nilai rata-rata daya ingat siswa dengan game dadu dalam metode discovery learning adalah 7.27 dan daya ingat siswa dengan pembelajaran metode discovery learning adalah 6.60. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa game dadu dalam metode discovery learning berpengaruh lebih baik terhadap daya ingat siswa pada materi operasi bilangan bulat.