PENERAPAN STRATEGI REACT MENGGUNAKAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VIIB MTs AS-SALAM SOOKO TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: DIAN ERNAWATI, IKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/1797/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1797/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Kata kunci : Strategi REACT, Scaffolding, Minat Belajar, Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan pemahaman konsep matematika siswa. Dalam proses pembelajaran guru menjelaskan konsep secara informatif, memberikan contoh soal, dan memberikan soal- soal latihan. Hal ini menyebabkan kemampuan pemahaman konsep matematika rendah, karena siswa tidak dituntut menemukan konsep matematika sendiri. Akibatnya hasil belajar siswapun kurang baik. Menurut beberapa siswa di MTs As-Salam, matematika merupakan pelajaran yang sulit dan ditakuti, sehingga minat untuk belajar matematika sangat rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan strategi REACT menggunakan teknik scaffolding untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VIIB MTs As-salam Sooko tahun pelajaran 2015/2016, (2) Bagaimana penerapan strategi REACT menggunakan teknik scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perbandingan kelas VIIB MTs As-salam Sooko tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi REACT menggunakan teknik scaffolding yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIIB MTs As- Salam Sooko. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus, masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB MTs As-Salam Sooko yang terdiri dari 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui strategi REACT menggunakan teknik scaffolding. Hasil tersebut dapat diketahui dari hasil berikut: (1) Secara klasikal minat belajar matematika siswa pada siklus I mencapai 73,45% dan siklus II mencapai 81,54%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,09%. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu: (a) Kelompok diskusi tidak lagi beranggotakan 4-5 tetapi terdiri dari 3 siswa, (b) guru memberikan motivasi dan memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari matematika, (c) pembelajaran dibuat lebih santai dan guru memberikan hadiah dan pujian kepada siswa yang mempresentasikan hasil diskusinya dengan benar. (2) Secara klasikal pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I yaitu 68,75, pada siklus II yaitu 79,11. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,36. Adapun upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu guru menekankan kepada siswa untuk menuliskan langkah per langkah dengan tepat, baik dari apa yang diketahui, ditanyakan, bagaimana rumusnya, dan