Daftar Isi:
  • Film atau iklan sangat tepat digunakan sebagai media komunikasi satu arah, mengingat film atau iklan yang digunakan memuat konten cerita fiktif atau cerita tentang kenyataan yang terjadi di dalam masyarakat. Media elektronik televisi merupakan media yang paling banyak digunakan dalam berkomunikasi dengan masyarakat, karena dinilai dapat lebih luas menjangkau masyarakat yang merupakan target atau sasaran dari hal yang ada di dalam iklan tersebut. Di dalam dunia perfilman sendiri khususnya di sektor iklan layangan masyarakat yang sekarang ini memang jarang atau belum terlalu banyak kita jumpai. Banyak masyarakat Indonesia yang masih belum paham arti kebersihan meskipun sudah ada pepatah “Kebersihan itu sebagian dari iman”. Masyarakat perlu diberi informasi tentang kebersihan dari berbagai macam media, salah satunya iklan yang konon setiap hari manusia menontonnya melalui televisi. Maka sangatlah perlu adanya perancangan iklan layanan masyarakat. Metode perancangan iklan tentang kebersihan ini menggunakan animasi 2 dimensi dengan bantuan software Adobe After Effect CS4 dan Adobe Photoshop CS4. Dengan efek-efek yang ada pada Adobe After Effect, animasi 2 dimensi tidak terkesan datar tetapi lebih menarik dan modern karena banyak alat dan efek yang bisa digunakan sesuai selera sang animator. Serta penghematan ruang file dengan sistem konversi video menggunakan software Handbrake. Kata kunci: animasi, iklan, after effect