HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Main Author: ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/1348/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/
http://lib.umpo.ac.id
ctrlnum 1348
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umpo.ac.id/1348/</relation><title>HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN&#xD; SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK&#xD; USIA PRA SEKOLAH&#xD; 4-6 TAHUN&#xD; Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng&#xD; Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo</title><creator>ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG</creator><subject>RG Midwifery</subject><description>Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan bagi anak untuk&#xD; memperoleh stimulasi psikososial. Stimulasi psikososial berpengaruh terhadap&#xD; perkembangan anak. Peran orang tua adalah memberi stimulasi dengan&#xD; mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan. Aspek sosialisasi dan&#xD; kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak&#xD; berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi dan berinteraksi dengan&#xD; lingkungannya. Untuk mengetahui hubungan antara stimulasi psikososial dengan&#xD; perkembangan sosial dan kemandirian anak usia prasekolah 4-6 tahun.&#xD; Desain Penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional design.&#xD; Populasinya seluruh anak TK, TK PKK sebanyak 21 dan TK PGRI Desa Kedung&#xD; Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sebanyak 22 responden. Total&#xD; sampelnya sebanyak 43 responden dengan cara Total Sampling. Pengumpulan&#xD; data menggunakan checklist pada stimulasi psikososial dan lembar Denver II pada&#xD; perkembangan sosial dan kemandirian. Pengolahan data dengan editing, coding,&#xD; scoring. Teknik Analisa data dengan menggunakan univariat bivariat.&#xD; Hasil dari 43 respoden yang mendapatkan stimulasi psikososial&#xD; menunjukkan 25 (58,1%) perkembangannya baik, responden yang tidak&#xD; mendapatkan stimulasi psikososial hampir setengahnya atau 18 (41,9%)&#xD; perkembangannya tidak baik. Perkembangan sosial dan kemandirian didapatkan&#xD; hasil perkembangan normal 27 (62,8%), suspek 11 (25,6%), tidak dapat diuji 5&#xD; (11,6%).&#xD; Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan&#xD; menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial dengan perkembangan&#xD; sosial dan kemandirian anak usia pra sekolah 4-6.&#xD; Kata Kunci : Stimulasi, Perkembangan Sosial dan Kemandirian, Anak Usia&#xD; Prasekolah</description><date>2015-11-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG (2015) HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. </identifier><relation>http://lib.umpo.ac.id</relation><recordID>1348</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG
title HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo
publishDate 2015
topic RG Midwifery
url http://eprints.umpo.ac.id/1348/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1348/
http://lib.umpo.ac.id
contents Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan bagi anak untuk memperoleh stimulasi psikososial. Stimulasi psikososial berpengaruh terhadap perkembangan anak. Peran orang tua adalah memberi stimulasi dengan mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan. Aspek sosialisasi dan kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Untuk mengetahui hubungan antara stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial dan kemandirian anak usia prasekolah 4-6 tahun. Desain Penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional design. Populasinya seluruh anak TK, TK PKK sebanyak 21 dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sebanyak 22 responden. Total sampelnya sebanyak 43 responden dengan cara Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan checklist pada stimulasi psikososial dan lembar Denver II pada perkembangan sosial dan kemandirian. Pengolahan data dengan editing, coding, scoring. Teknik Analisa data dengan menggunakan univariat bivariat. Hasil dari 43 respoden yang mendapatkan stimulasi psikososial menunjukkan 25 (58,1%) perkembangannya baik, responden yang tidak mendapatkan stimulasi psikososial hampir setengahnya atau 18 (41,9%) perkembangannya tidak baik. Perkembangan sosial dan kemandirian didapatkan hasil perkembangan normal 27 (62,8%), suspek 11 (25,6%), tidak dapat diuji 5 (11,6%). Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial dan kemandirian anak usia pra sekolah 4-6. Kata Kunci : Stimulasi, Perkembangan Sosial dan Kemandirian, Anak Usia Prasekolah
id IOS2857.1348
institution Universitas Muhammadiyah Ponorogo
institution_id 335
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo
library_id 304
collection Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo
repository_id 2857
subject_area Agama
Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
city PONOROGO
province JAWA TIMUR
repoId IOS2857
first_indexed 2016-09-21T23:04:02Z
last_indexed 2016-09-21T23:04:02Z
recordtype dc
_version_ 1765882129211719680
score 17.13294