HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo
Main Author: | ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/1348/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/ http://lib.umpo.ac.id |
ctrlnum |
1348 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umpo.ac.id/1348/</relation><title>HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN
SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK
USIA PRA SEKOLAH
4-6 TAHUN
Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng
Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo</title><creator>ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG</creator><subject>RG Midwifery</subject><description>Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan bagi anak untuk
memperoleh stimulasi psikososial. Stimulasi psikososial berpengaruh terhadap
perkembangan anak. Peran orang tua adalah memberi stimulasi dengan
mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan. Aspek sosialisasi dan
kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak
berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi dan berinteraksi dengan
lingkungannya. Untuk mengetahui hubungan antara stimulasi psikososial dengan
perkembangan sosial dan kemandirian anak usia prasekolah 4-6 tahun.
Desain Penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional design.
Populasinya seluruh anak TK, TK PKK sebanyak 21 dan TK PGRI Desa Kedung
Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sebanyak 22 responden. Total
sampelnya sebanyak 43 responden dengan cara Total Sampling. Pengumpulan
data menggunakan checklist pada stimulasi psikososial dan lembar Denver II pada
perkembangan sosial dan kemandirian. Pengolahan data dengan editing, coding,
scoring. Teknik Analisa data dengan menggunakan univariat bivariat.
Hasil dari 43 respoden yang mendapatkan stimulasi psikososial
menunjukkan 25 (58,1%) perkembangannya baik, responden yang tidak
mendapatkan stimulasi psikososial hampir setengahnya atau 18 (41,9%)
perkembangannya tidak baik. Perkembangan sosial dan kemandirian didapatkan
hasil perkembangan normal 27 (62,8%), suspek 11 (25,6%), tidak dapat diuji 5
(11,6%).
Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan
menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial dengan perkembangan
sosial dan kemandirian anak usia pra sekolah 4-6.
Kata Kunci : Stimulasi, Perkembangan Sosial dan Kemandirian, Anak Usia
Prasekolah</description><date>2015-11-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/1348/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG (2015) HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-6 TAHUN Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. </identifier><relation>http://lib.umpo.ac.id</relation><recordID>1348</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ERDIAN SETYA DEVI, LINTANG |
title |
HUBUNGAN STIMULASI PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN
SOSIAL DAN KEMANDIRIAN ANAK
USIA PRA SEKOLAH
4-6 TAHUN
Di TK PKK dan TK PGRI Desa Kedung Banteng
Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo |
publishDate |
2015 |
topic |
RG Midwifery |
url |
http://eprints.umpo.ac.id/1348/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1348/ http://lib.umpo.ac.id |
contents |
Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan bagi anak untuk
memperoleh stimulasi psikososial. Stimulasi psikososial berpengaruh terhadap
perkembangan anak. Peran orang tua adalah memberi stimulasi dengan
mengajarkan cara beradaptasi dengan lingkungan. Aspek sosialisasi dan
kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak
berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi dan berinteraksi dengan
lingkungannya. Untuk mengetahui hubungan antara stimulasi psikososial dengan
perkembangan sosial dan kemandirian anak usia prasekolah 4-6 tahun.
Desain Penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional design.
Populasinya seluruh anak TK, TK PKK sebanyak 21 dan TK PGRI Desa Kedung
Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sebanyak 22 responden. Total
sampelnya sebanyak 43 responden dengan cara Total Sampling. Pengumpulan
data menggunakan checklist pada stimulasi psikososial dan lembar Denver II pada
perkembangan sosial dan kemandirian. Pengolahan data dengan editing, coding,
scoring. Teknik Analisa data dengan menggunakan univariat bivariat.
Hasil dari 43 respoden yang mendapatkan stimulasi psikososial
menunjukkan 25 (58,1%) perkembangannya baik, responden yang tidak
mendapatkan stimulasi psikososial hampir setengahnya atau 18 (41,9%)
perkembangannya tidak baik. Perkembangan sosial dan kemandirian didapatkan
hasil perkembangan normal 27 (62,8%), suspek 11 (25,6%), tidak dapat diuji 5
(11,6%).
Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan
menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial dengan perkembangan
sosial dan kemandirian anak usia pra sekolah 4-6.
Kata Kunci : Stimulasi, Perkembangan Sosial dan Kemandirian, Anak Usia
Prasekolah |
id |
IOS2857.1348 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Ponorogo |
institution_id |
335 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo |
library_id |
304 |
collection |
Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo |
repository_id |
2857 |
subject_area |
Agama Ekonomi Kesehatan dan Kedokteran |
city |
PONOROGO |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS2857 |
first_indexed |
2016-09-21T23:04:02Z |
last_indexed |
2016-09-21T23:04:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765882129211719680 |
score |
17.13294 |