PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CORE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Kumalasari, Ellisia |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/1321/1/cover%20prosiding%20unsil%20%28depan%29.jpg http://eprints.umpo.ac.id/1321/2/dafis%20prosiding%20unsil.jpg http://eprints.umpo.ac.id/1321/3/Binder1.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1321/4/proseding..Ellisia-%20berpikir%20kritis.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1321/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pembelajaran model CORE dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Subyek populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP dengan kriteria sekolah peringkat: baik, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan model CORE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu, faktor peringkat sekolah tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis tersebut. Pembelajaran dengan model CORE dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Menengah Pertama mana saja tidak tergantung tingkat peringkat sekolah. Kata kunci : CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Berpikir Kritis Matematis