PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN GUIDED INQUIRY BERBASIS WEB DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Author: Kumalasari, Ellisia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/1320/7/artikel%20unej.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1320/1/Prosiding%20Seminar%20Nasional%20Pendidikan%20dan%20SAINS.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1320/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian secara umum untuk mengetahui pengaruh media (berbasis web), motivasi belajar dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, subyek penelitian adalah siswa di suatu SMK. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, A dan B yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Kelas A dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan kelas B dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh penggunaan guided inquiry berbasis web terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) tidak ada pengaruh motivasi belajar kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) tidak ada interaksi penggunaan guided inquiry berbasis web dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : Guided Inquiry, Berbasis Web, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.