PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIA SMPN 2 BADEGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: SULISTYORINI, INDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/1205/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/1205/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Keaktifan, Prestasi Belajar Siswa Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMPN 2 Badegan. Pada proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, siswa cenderung diam dan tidak mau bertanya. Keaktifan siswa sangat di perlukan untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa kelas VIIA SMPN 2 Badegan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran dan untuk mengetahui prestasi belajar pada matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) pada proses pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 2 Badegan tahun pelajaran 2014/2015 semester genap. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan belajar siswa dan nilai tes siklus I dan II. Data keaktifan belajar siswa di ambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan presentase masing-masing aspek dalam keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII semester genap SMPN 2 Badegan tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan keaktifan siswa yang di amati oleh peneliti kelas VIIA dari siklus I ke siklus II pada aspek kesatu 45.45 % dan 82.95 %, aspek kedua 42.04 % dan 81.81 %, aspek ketiga 44.31 % dan 84.09 %, aspek keempat 44.31% dan 87.5 %, aspek kelima 50 % dan 71.59%. Prestasi belajar siswa kelas VIIA SMPN 2 Badegan mengalami peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 45% dan siklus II mencapai 84, 21%. Rata- rata yang di peroleh pada siklus I 69,1% dan