UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)PADA MATERI BANGUN RUANGDI SMP 2 BADEGAN PONOROGO
Daftar Isi:
- Permasalahan siswa kelas VIII SMPN 2 Badegan Ponorogo dalam pelajaran matematika adalah kurangnya penalaran untuk mencari cara penyelesaian terhadap soal uraian dari siswa, siswa lebih suka mengerjakan soal secara langsung dan dalam Ulangan Harian Tersebut terdapat 15 siswa dari jumlah keseluruha siswa yaitu 25 anak yang nilainya masih dibawah KKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa persentase prestasi belajar siswa sebesar 60%. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2014/2015 pada materi bangun ruang dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa diamati melalui tes pada tiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan terhadap 25 siswa kelas VIII E SMPN 2 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisa, persentase jumlah siswa dengan kreativitas yang baik pada siklus I adalah 68% dan persentase jumlah siswa dengan kreativitas yang baik pada siklus II adalah 84%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 20%. Persentase keuntasan prestasi belajar siswa siklus I adalah 72%. Persentase keuntasan prestasi belajar siswa siklus II adalah 92%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2014/2015.