ANALISIS PENGARUH HARGA, RASA DAN KEMASAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PRODUK JENANG TEGUH RAHARDJO
Main Author: | DZUN NURAINI, HABIBI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/1124/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1124/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1124/3/BAB%20II%20-%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1124/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1124/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1124/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1124/ http://lib.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Peningkatan jumlah konsumen berkorelasi dengan peningkatan penghasilan perusahaan. Oleh sebab itu, konsumen harus dipuaskan atau diberikan produk yang bermutu. Jika tidak, dapat dipastikan akan berdampak buruk bagi usaha itu sendiri, seperti menurunnya pendapatan dan hilangnya konsumen. Kepuasan konsumen ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor harga, rasa dan kemasan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh harga, rasa dan kemasan secara parsial/masing-masing dan silmultan (bersama-sama) terhadap tingkat kepuasan konsumen serta mendeskripsikan variabel dominan di antara harga, rasa dan kemasan yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen Jenang Teguh Rahardjo Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian dan Pembahasan maka disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) dari hasil uji t; a) Faktor Harga; diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,520 > 2,000) maka Ho ditolak, artinya secara parsial, ada pengaruh signifikan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. b) Faktor Rasa; diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,878 > 2,000) maka Ho ditolak, artinya secara parsial, ada pengaruh signifikan Rasa terhadap Kepuasan Konsumen. c) Faktor Kemasan; diperoleh nilai t hitung < t tabel (1,191 < 2,000) maka Ho diterima, artinya secara parsial, tidak ada pengaruh signifikan Kemasanterhadap Kepuasan Konsumen.. 2) dari hasil uji f; f hitung > f tabel (7,388 > 3,168) maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh secara signifikan antara Harga, Rasa dan Kemasan secara bersamasama/simultan terhadap Kepuasan Konsumen. 3) bahwa Berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel independen yang paling dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen Jenang Teguh Rahardjo adalah: Faktor Rasa dengan nilai t hitung > t tabel (3,878 > 2,000). Sehubungan dengan itu, Demi menjaga loyalitas konsumen, Jenang Teguh Rahardjo perlu mempertahankan dan memperkaya keragaaman produk yang sudah ada dengan varian rasa yang lain. Agar dapat terjangkau kalangan bawah, Jenang Teguh Rahardjo dapat membuat produk dalam ukuran kecil. Selain itu, Kemasan Jenang Teguh Rahardjo perlu mendapat perhatian, karena menentukan kebersihan produk dan pertama dilihat konsumen ketika membeli Jenang Teguh Rahardjo. . Key Word: Harga, Rasa dan Kemasan, Kepuasan Konsumen, Jenang Teguh Rahardjo