UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | NURANIATI, NURANIATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/1081/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/2/BAB%201.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/1081/ http://lib.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Langkah – langkah penerapan metode creative problem solving, motivasi belajar, kreativitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap peningkatan motivasi dan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun tahun pelajaran 2014/2015 dan (2) mengetahui peningkatan motivasi dan kreativitas belajar matematika melalui metode pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun tahun telajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan (2) tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil observasi, (4) analisis data dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa meningkat pada saat pra tindakan mencapai 68,75% , siklus 1 78,12% , siklus 2 84,37% dan (2) kreativitas belajar siswa meningkat, sebelum tindakan 21,8% , siklus 1 46,87% , siklus 2 77,12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun Tahun Ajaran 2014/2015.