Daftar Isi:
  • Triyah. 2014. Pengaruh Teknik Inkuiri Terbimbing pada materi Aritmatika Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sukorejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Julan Hernadi, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah teknik pembelajaran inkuiri (penemuan konsep) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo yang berjumlah 8 kelas. Sampelnya diambil secara Simple Random Sampling, sehingga diperoleh dua kelas yaitu VIIB sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan teknik inkuiri dan VIID sebagai kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan teknik inkuiri (pembelajaran konvensional) yang terdiri dari 50 siswa. Hipotesis dalam penelitian adalah prestasi belajar siswa yang diajar dengan teknik inkuiri terbimbing pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 1 Sukorejo lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Dalam rumusannya, hipotesis ini merupakan . Teknik pengumpulan data digunakan tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik t uji mean dua sampel saling bebas. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,53 dan nilai ttabel = 1,68 karena itu artinya ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan teknik inkuiri lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Prestasi belajar,Teknik inkuiri terbimbing.