PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS FUNGSI KELAS XI IPA 5 MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONOROGO
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menantang siswa untuk memecahkan suatu masalah sehingga siswa memiliki motivasi untuk memecahkan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah prosedur penelitian tindakan kelas menurut suharsimi arikunto yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-5 MAN 2 Ponorogo dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket motivasi belajar siswa untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan diilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus 2. Pada siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan motivasi belajar siswa mencapai kategori baik.