PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP PGRI SUDIMORO, KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Problem Based Learning. Pembelajaran matematika siswa disekolah masih bergantung pada penjelasan guru tanpa mau mencoba melakukan aktivitas belajar matematika untuk membangun pengetahuan mereka sendiri. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga kurang, sehingga seringkali soal-soal yang diberi oleh guru mengacu pada aspek pemecahan masalah, kurang dapat diselesaikan peserta didik dengan baik. Hal ini berdampak pada rendahnya nilai prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII SMP PGRI Sudimoro Tahun Pelajaran 2014/2015 pada pokok bahasan lingkaran melalui pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di kelas VIII SMP PGRI Sudimoro. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas dengan penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas VIII SMP PGRI SUDIMORO PACITAN. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 yaitu 61,78% sedangkan disiklus II menjadi 77,01%