PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 3 GROGOL
Main Author: | TANTOWI, HARIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/103/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL%20-%20DAFTAR%20ISI.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/7/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/103/ http://lib.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Haris Tantowi. 2014. Peningkatan Aktivitas Siswa Pada Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 3 Grogol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ponorogo. Pembimbing : Drs. SUMAJI, M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa. Rendahnya aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika masih dialami siswa SD Negeri 3 Grogol. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya siswa dalam aktifitas bertanya dan pembelajaran sehingga pembelajaran dominan terpusat pada guru dan siswa belum mampu menemukan cara dan menyelesaikan masalah sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika. Kriteria peningkatan aktivitas yaitu, Observasi Aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Grogol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Lembar Observasi Aktivitas siswa digunakan untuk memperoleh data peningkatan Aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian (selama siklus I dan siklus II) menunjukkan bahwa Aktifitas siswa mengalami peningkatan (3,1 ; 3,8), Peningkatan Aktivitas Siswa ini mencapai skor nilai 0,7.