TEKNIK ANALISIS SWOT DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH

Main Author: Multazam, Ulil
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Konsorsium Dosen Manajemen Pendidikan Islam , 2014
Subjects:
Online Access: http://ejournal.stail.ac.id/index.php/Tadibi/article/view/18
http://ejournal.stail.ac.id/index.php/Tadibi/article/view/18/16
Daftar Isi:
  • Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) telah menjadi salah satu alat yang berguna dalam dunia industri. Namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai aplikasi alat bantu pembuatan keputusan dalam pengenalan program-program baru di lembaga pendidikan. Proses penggunaan manajemen analisis SWOT menghendaki adanya suatu survei internal tentang strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) program, serta survei eksternal atas opportunities (ancaman) dan threats (peluang/kesempatan). Pengujian eksternal dan internal yang terstruktur adalah sesuatu yang unik dalam dunia perencanaan dan pengembangan kurikulum lembaga pendidikan. Lingkungan eksternal mempunyai dampak yang sangat berarti pada sebuah lembaga pendidikan. Selama dekade terakhir abad ke dua puluh, lembaga-lembaga ekonomi, masyarakat, struktur politik, dan bahkan gaya hidup perorangan dihadapkan pada perubahan-perubahan baru. Strategi-strategi baru yang inovatif harus dikembangkan untuk memastikan bahwa lembaga pendidikan akan melaksanakan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mendatang khususnya pada abad 21 dan setelahnya. Untuk itu diperlukan kajian lebih jauh agar analisis SWOT ini lebih bisa diimplementasikan di sekolah.