Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Perawat dalam Komunikasi Terapeutik pada Anak Usia Pra Sekolah Di R. Anak RSUD Kota Semarang

Main Author: Ainusi, Demianus
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/9717/1/DEMIANUS_AINUSI.pdf
http://keperawatan.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/9717/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Demianus Ainusi Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Perawat dalam Komunikasi Terapeutik pada Anak Usia Pra Sekolah Di R. Anak RSUD Kota Semarang “xii+57 halaman+ 8 tabel + 15 lampiran” Latar belakang : Pengetahuan dan sikap perawat dalam komunikasi terapeutik adalah merupakan hal yang penting dikuasai oleh seorang perawat profesional dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien. Sehingga tujuan memberikan asuhan keperawatan kepada klien dapat tercapai yaitu : klien mendapatkan kesembuhan secara paripurna. Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari apakah ada hubungan pengetahuan dengan sikap perawat dalam memberikan komunikasi terapeutik pada anak usia prasekolah di Ruang Anak RSUD Kota Semarang. Dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hubungan tersebut. Metode : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Cross Sectional dengan pengumpulan data melalui survey dan observasional pada sampel. Sampel penelitian ini meliputi seluruh populasi perawat yang bekerja di Ruang Anak RSUD Kota Semarang, sebagai total sampel yang berjumlah 36 perawat. Hasil : Prosentase pengetahuan perawat 52.8 % baik dan 47.2 % kurang. Prosentase sikap perawat dalam komunikasi terapeutik 55.6 % positif dan 44.4 % negatif. Analisis hubungan antar variabel dalam tingkat pengetahuan dengan hasil uji hipotesis dengan metode “Chi-Square” menunjukkan p value = 0,003 Simpulan : Ada hubungan pengetahuan dan sikap perawat dalam komunikasi terapeutik pada anak usia prasekolah yang dirawat diruang anak RSUD kota Semarang (p < 0.05) Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Perawat.