Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang rawat Inap Anak Rumah Sakit Roemani Semarang
Main Author: | ., MUSTAGHFIROH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/9324/1/Abstrak.pdf http://keperawatan.undip.ac.id http://eprints.undip.ac.id/9324/ |
ctrlnum |
9324 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang rawat Inap Anak Rumah Sakit Roemani Semarang.</title><creator>., MUSTAGHFIROH</creator><subject>RT Nursing</subject><description>xv+55 halaman+15 tabel+2 gambar+9 lampiran
Industri perumahsakitan di Indonesia sudah mengalami perubahan cukup pesat yang disebabkan oleh perkembangan pengetahuan, teknologi, tingkat ekonomi dan arusi nformasi. Hal tersebut mendorong setiap rumah sakit untuk selalu meningkatkan pelayanan yang bermutu sehingga mampu bersaing dengan pelayanan yang sejenisnya dan dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai standar yang telah ditentukan serta sesuai harapan pasien/ keluarganya. Pada akhirnya pengguna jasa pelayanan (pasien dan keluarga) merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tingkat kepuasan keluarga pasien tentang mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap anak RS Roemani Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang di rawat inap di ruang anak RS Roemani Semarang yang memenuhi kriteria inklusi sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampel dan alokasi sampel secara proporsional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar keluarga pasien di ruang rawat inap anak RS Roemani Semarang mengatakan puas terhadap pelayanan keperawatan.Hal ini dapat digunakan oleh rumah sakit sebagai alat untuk menyusun strategi pemasaran produk pelayanan keperawatan dalam merebut segmen pasar yang baru dengan memperoleh kepercayaan masyarakat melalui kepuasan pasien dan keluarganya.
Kata kunci : Tingkat kepuasan keluarga, mutu pelayanan keperawatan.
Daftar Pustaka: 39 ( 1998-2008 )

</description><date>2009-01-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.undip.ac.id/9324/1/Abstrak.pdf</identifier><relation>http://keperawatan.undip.ac.id</relation><identifier>., MUSTAGHFIROH (2009) Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang rawat Inap Anak Rumah Sakit Roemani Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Keperawatan .</identifier><relation>http://eprints.undip.ac.id/9324/</relation><recordID>9324</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
., MUSTAGHFIROH |
title |
Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang rawat Inap Anak Rumah Sakit Roemani Semarang |
publishDate |
2009 |
topic |
RT Nursing |
url |
http://eprints.undip.ac.id/9324/1/Abstrak.pdf http://keperawatan.undip.ac.id http://eprints.undip.ac.id/9324/ |
contents |
xv+55 halaman+15 tabel+2 gambar+9 lampiran
Industri perumahsakitan di Indonesia sudah mengalami perubahan cukup pesat yang disebabkan oleh perkembangan pengetahuan, teknologi, tingkat ekonomi dan arusi nformasi. Hal tersebut mendorong setiap rumah sakit untuk selalu meningkatkan pelayanan yang bermutu sehingga mampu bersaing dengan pelayanan yang sejenisnya dan dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai standar yang telah ditentukan serta sesuai harapan pasien/ keluarganya. Pada akhirnya pengguna jasa pelayanan (pasien dan keluarga) merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tingkat kepuasan keluarga pasien tentang mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap anak RS Roemani Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang di rawat inap di ruang anak RS Roemani Semarang yang memenuhi kriteria inklusi sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampel dan alokasi sampel secara proporsional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar keluarga pasien di ruang rawat inap anak RS Roemani Semarang mengatakan puas terhadap pelayanan keperawatan.Hal ini dapat digunakan oleh rumah sakit sebagai alat untuk menyusun strategi pemasaran produk pelayanan keperawatan dalam merebut segmen pasar yang baru dengan memperoleh kepercayaan masyarakat melalui kepuasan pasien dan keluarganya.
Kata kunci : Tingkat kepuasan keluarga, mutu pelayanan keperawatan.
Daftar Pustaka: 39 ( 1998-2008 )
|
id |
IOS2852.9324 |
institution |
Universitas Diponegoro |
institution_id |
69 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Diponegoro |
library_id |
485 |
collection |
Diponegoro University Institutional Repository |
repository_id |
2852 |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2852 |
first_indexed |
2016-09-15T18:03:31Z |
last_indexed |
2016-09-22T20:49:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765880527206744064 |
score |
17.13294 |