TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN PERIZINAN PADA KANTOR PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DI KABUPATEN KUDUS
Main Author: | Andriani , Karina Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/7565/1/D2B604065_Andriani_Karina_Dewi.rtf http://eprints.undip.ac.id/7565/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah sebagai abdi masyarakat merupakan pelaksana pelayanan publik, sehingga pelayanan publik harus memuaskan masyarakat. Setelah dibentuknya pelayanan dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu, urusan perizinan dan surat keterangan menjadi lebih mudah karena cukup diurus di satu kantor saja. Kemudahan tersebut harus ditunjang oleh kualitas pelayanan para petugas. Dimana peningkatan dalam pelayanan publik dilakukan dengan melihat berbagai unsur yang ada sehingga tercipta pelayanan yang efektif dan efisien sehingga menimbulkan kepuasan pada masyarakat. Berdasarkan alasan tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul “Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perizinan Pada Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu di Kabupaten Kudus” Adapun objek penelitian ini adalah masyarakat yang mengurus perizinan pada Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu di Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur berapakah tingkat kepuasan masyarakat dalam pengurusan perizinan pada Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (KPMPPT) di Kabupaten Kudus. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental sampling dan pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi langsung pada saat aktivitas pelayanan. Periode harian yang dianalisis adalah selama masa pelayanan pengurusan perizinan dari bulan Juli hingga bulan September 2008. Data dianalisis secara kuantitatif (melalui editing, coding, tabulasi) dan kualitatif Untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pengurusan perizinan pada KPMPPT Kabupaten Kudus digunakan 17 unsur yang sesuai dengan kriteria penilaian tingkat kepuasan masyarakat. Menurut penilaian dari 17 unsur tadi, hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang meliputi unsur operasional, petugas serta sarana dan prasarana pelayanan cukup bagus sehingga tingkat kepuasan masyarakat di KPMPPT Kabupaten Kudus yang dicapai cukup tinggi. Pelayanan di Kantor ini dinilai oleh responden cukup sederhana, cepat dan transparan, petugasnya dinilai cukup tanggung jawab, disiplin, ramah dan capable serta lingkungan yang representatif dan aman. Namun, dalam perjalanan pelayanannya masih terdapat koreksi pada beberapa poin seperti kepastian biaya perizinan, kepastian waktu penyelesaian, kejelasan syarat standar perizinan serta kejelasan petugas pelayanan