BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD "PROF.DR.MARGONO SOEKARJO" PURWOKWRTO TAHUN 2002

Main Author: SUSILOWATI, SRI ENDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2002
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/6629/1/1382.pdf
http://www.fkm.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/6629/
Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam upaya pemeliharaan dan peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit. kurangnya kepuasan dapat terlihat antara lain dengan penurunan jumlah kunjungan pada beberapa poliklinik Instaansi Rawat Jalan RSUD "Prof.Dr.Margono Soekarjo" Purwokerto,oleh karena hal tersebut maka diadakanlah penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya tingkat kepuasan pasien di instansi Rawat Jalan di RSUD "Prof.Dr.Margono Soekarjo" Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan metode survey dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian ini di Instalasi Rawat Jalan RSUD "Prof.Dr.Margono Soekarjo" Purwokerto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah umur, pendidikan, persepsi jarak rumah, persepsi lama waktu pelayanan dan penghasilan. Sedangkan sebagaivariabel terikatnya adalah tingkat kepuasan pasien. Jumlah responden adalah 150 orang dari 3859 pengunjung perbulan,diambil dengan metode purposif samplingpada tanggal 22 januari-22 februari tahun 2002. Data diolah secara univariat dan bivariat yang meliputi tabulasi silang dengan uji korelasi kendall Tau dan Chi-Kuadrat,untuk melihat hubungan antar variabel digunakan program SPSS for Windows versi 10. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pendidikan dengan tingkat kepuasan (p value=0,046 < 0,05),ada hubungan antara persepsi lama waktu pelayanan dengan tingkat kepuasan (p value=0,026 < 0,05),dan tidak ada hubungan antara umur,persepsi jarak rumah,penghasilan dengan tingkat kepuasan. Kepuasan pasien agar tetap tinggi disarankan perlunya pemeliharan alternatif terhadap biaya terutama obat yang disarankan mahal,adanya kesempatan tanya jawab yang lebih baik,peningkatan keramahan petugas,dan dari manajemen teknis perlu meningkatkan kesungguhan dan ketelitian dalam pemeriksaan. Kata Kunci: tingkat kepuasan,pasien rawat jalan,rumah sakit