Evaluasi Kinerja Fungsi Maintenance dengan Model Adapted Balanced Scorecard (Studi Kasus PT. Indotirta Jaya Abadi)

Main Authors: Purwanggono, Bambang, Bakhtiar, Arfan, Metasari, Nur
Format: Lainnya NonPeerReviewed application/msword
Terbitan: Diponegoro University , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/6536/1/L2H_004_617.doc
http://eprints.undip.ac.id/6536/
Daftar Isi:
  • PT Indotirta Jaya Abadi merupakan salah satu perusahaan produsen air minum dalam kemasan yang terbesar di Indonesia. Dalam menjaga sumber-sumber daya produksi yang dimiliki perusahaan agar tetap berjalan dengan baik, perusahaan telah menerapkan sistem manajemen perawatan. Manajemen perawatan memiliki peranan yang sangat penting dalam profitabilitas perusahaan dan saat ini merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Namun, sampai saat ini perusahaan tidak pernah mengukur kontribusi kegiatan perawatan terhadap kinerja perusahaan. Evaluasi kinerja dilakukan menurut model adapted Balanced Scorecard yang telah disesuaikan untuk fungsi perawatan. Model ini mencakup enam perspektif yaitu inovasi dan pertumbuhan, produksi, perawatan, lingkungan, pelanggan, dan finansial. Pengukuran kinerja dilakukan pada Bagian Husky Sidel dan Utility PT Indotirta Jaya Abadi. Bagian ini dipilih karena selama periode pengukuran, bagian ini memikliki rata-rata efisiensi relatif terendah berdasar metode Data Envelopment Analysis. Pengukuran kinerja aktual dilakukan dengan metode Analytic Hierarchy Process dan Objective Matrix. Dari hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa fungsi perawatan yang dilakukan termasuk dalam kategori kinerja sedang. Namun terdapat beberapa indikator yang memiliki bobot prioritas tinggi tetapi tingkat kinerjanya rendah. Indicator tersebut antara lain tingkat komplain pelanggan, rasio keterlambatan pekerjaan, dan Return on Investment.