Implementasi Theory Of Inventive Problem Solving (TRIZ) pada Pengembangan Desain Anjungan Komputer (Studi Kasus Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro)

Main Authors: Saptadi, Singgih, ., Mokhammad
Format: Lainnya NonPeerReviewed application/msword
Terbitan: Diponegoro University , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/6500/1/L2H_004_610.doc
http://eprints.undip.ac.id/6500/
Daftar Isi:
  • Anjungan merupakan tempat untuk meletakkan satu unit komputer yang terdiri dari monitor, Central Processing Unit (CPU), keyboard, dan mouse sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan layanan yang dapat diberikan oleh komputer, dimana salah satunya adalah untuk mengakses internet. Pada awalnya, anjungan ini dibuat agar dapat dipakai dalam keadaan berdiri dikarenakan luas space yang disediakan untuk anjungan ini relatif kecil dan jumlah mahasiswa yang banyak agar mahasiswa menggunakannya dengan cepat dan dapat digunakan bergantian, tetapi pada kenyataannya mahasiswa sering kelelahan untuk menggunakannya sambil berdiri sehingga banyak memakai kursi kuliah dan berakibat mengganggu aktivitas orang yang berada disekitar anjungan TRIZ dalam bahasa Indonesia berarti Teori pemecahan masalah berdaya cipta. TRIZ telah digunakan oleh industri di Uni Soviet yang dapat membatu para ilmuwan untuk memecahkan kesulitan dalam berbagai macam tantangan di bidang engineering. Saat ini TRIZ digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia untuk memperbaiki proses inovasi mereka. Dengan menggunakan TRIZ dapat diidentifikasi beberapa prinsip yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Prinsip yang digunakan adalah prinsip nomor (17) Dimensionality Change (Another Dimension) dengan solusi yang dihasilhan adalah merubah bagian belakang dari anjungan agar lebih ramping dengan menggunakan sumber daya yang ada. Yang kedua adalah prinsip no. (7) yaitu Nested Doll dengan solusi yang dihasilkan adalah menempatkan kursi pada bagian bawah monitor. Prinsip yang ketiga adalah (10) Preliminary Action (Preliminary Action, Do It In Advance) yaitu merubah penempatan anjungan di lantai 1, dan yang terakhir adalah prinsip (40) Composite Materials yaitu menggabungkan cashing CPU dengan badan anjungan.