Prosedur Pelayanan Dalam Penyelesaian Klim SPP Program Pensiun pada PT. Taspen (Persero)

Main Author: Handayani, Ayumi Tri
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Diploma III - Marketing , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/6021/1/Ayumi_Tri_Handayani.pdf
http://fisip.undip.ac.id/adbis
http://eprints.undip.ac.id/6021/
Daftar Isi:
  • PT Taspen (Persero) merupakan perusahaan jasa yang tugas utamanya memberikan pelayanan jasa kepada para pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai BUMN atau BUMD. Dalam penelitian ini penulis mempergunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian dalam bentuk penjelasan terhadap suatu permasalahan dengan menggunakan kata atau kalimat tanpa menggunakan model matematika, statistik dan ekonometrik atau model-model tertentu lainnya. Sumber data yang berhasil dikumpulkan oleh penulis berupa data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengumpulan data berupa wawancara kepada para karyawan PT Taspen bagian Pelayanan dan berdasarkan pada studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara jelas prosedur pengajuan klim SPP langsung dan klim SPP tidak langsung sampai pada proses pembayaran klim kepada peserta. Aktivitas pelayanan jasa yang dijalankan oleh perusahaan diharapkan berjalan dengan lancar, efektif dan efisien sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Namun kenyataan dilapangan masih saja terdapat keluhan dan hambatan yang dapat menyebabkan tertundanya pembayaran pensiun kepada peserta dan target waktu tidak akan tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, PT Taspen (Pesero) perlu meningkatkan kualitas pelayanannya supaya hambatan dan keluhan tersebut dapat diminimalkan atau tidak terjadi lagi. Kualitas pelayanan yang diberikan PT Taspen (Persero) akan berpengaruh terhadap citra PT Taspen (Persero) di mata nasabah atau peserta Taspen.