Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Bauran Pemasaran Pada PT. Masscom Graphy Semarang

Main Author: Rachmatullah, Hendra Nur
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Diploma III - Marketing , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/6016/1/Hendra.pdf
http://eprints.undip.ac.id/6016/
Daftar Isi:
  • PT. Masscom Graphy adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan dan penerbitan PT. Masscom Graphy mempunyai bagian yang terdiri dari divisi cetak Koran yaitu divisi yang melayani pencetakan surat kabar, divisi cetak umum merupakan divisi yang memproduksi cetakan tabloid dan cetakan selain Koran, divisi kreatif merupakan bagian yang melayani perencanaan desain yang aan diproduksi, sedangkan divisi penerbitan adalah bagian yang menerbitkan buku berbasis kompetensi, buku fiksi hingga Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Masscom Graphy Semarang dalam upaya meningkatkan penjualan, mengetahui kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui cara mengatasi hambatan yang terjadi. Data yang telah diperoleh diamati melalui proses wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Tipe penulisan tugas akhir ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini membahas mengenai stragei bauran pemasaran yang digunakan oleh PT. Masscom Graphy antara lain strategi harga, strategi produk, strategi promosi dan strategi distribusi serta bagaimana cara mengatasi hambatan yang terjadi. Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa PT. Masscom Graphy menetapkan strategi pengembangan produk dan strategi perubahan produk, strategi segmentasi produk. Strategi harga yang digunakan meliputi penetapan harga tunai dan kredit. Dalam strategi promosi, strategi yang digunakan adalah periklanan, personal selling, publisitas dan promosi penjualan. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan oleh PT. Masscom Graphy menggunakan saluran distribusi secara langsung. Hambatan serta cara mengatasinya meliputi faktor intern antara lain mengenai produk, harga, promosi dan distribusi. Sedangkan faktor ekstern antara lain perusahaan pesaing. Berdasarkan analisis penulis, kesimpulan yang diambil adalah perlunya memperluas promosi dengan cara memaksimalkan periklanan pada PT. Masscom Graphy Semarang agar penjualan semakin meningkat.