KAJIAN KECENDERUNGAN RUANG PUBLIK SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG BERKEMBANG SEBAGAI KAWASAN REKREASI BELANJA

Main Author: RACHMAWATI, KIKI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2004
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/6000/1/kikiR98.pdf
http://eprints.undip.ac.id/6000/
Daftar Isi:
  • Fungsi pusat kota ditetapkan dalam kebijakan pemerintah sebagai pusat aktivitas ekonomi, budaya kota dan pemerintahan (Cook, 1980). Dalam perkembangannya, seringkali pusat kota menjadi kawasan pusat komersial dan perdagangan yang melayani kebutuhan masyarakat dalam skala besar. Kedudukan ruang publik yang berada di pusat kota dengan beragam aktivitas tinggi dan bersifat modern, membawa dampak bagi penyediaan sarana dan fasilitas yang juga bersifat modern dan kekotaan, sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk menikmatinya secara berulang-ulang. Ketertarikan tersebut juga ditambah dengan disediakannya sarana-sarana rekreasi dan perbelanjaan modern, sehingga masyarakat bisa mendapatkan suasana lain dalam pemuasan kebutuhan untuk bersantai sambil berbelanja. Kawasan Simpang Lima Semarang, sebagai pusat kota Semarang saat ini keberadaannya telah banyak dikenal bukan hanya oleh masyarakat Kota Semarang sendiri namun juga oleh masyarakat di luar wilayah Kota Semarang