Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Atas Kualitas Pelayanan Travel Kartika Semarang

Main Author: Pratiwi, Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/5936/1/Eka_Pratiwi.pdf
http://fisip.undip.ac.id/adbis
http://eprints.undip.ac.id/5936/
Daftar Isi:
  • Transportasi sebagai salah satu industri jasa angkutan yang memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung perekonomian dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Fungsi transportasi adalah untuk mengangkut barang dan membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lain. Perusahaan harus dapat memberikan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebih cepat, pelayanan yang baik kepada para penumpang daripada pesaingnya. Selain itu perusahaan juga harus dapat bersaing dalam merebut dan mempertahankan penumpang yang ada. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah yang diterapkan dalam penelitian ini adalah masih adanya keluhan penumpang atas pelayanan yang diberikan Travel Kartika Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang atas kinerja pelaksanaan pelayanan perusahaan. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe Deskriftif Analitis. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu Guiding Question yang diberikan kepada perusahaan dan kuesioner yang diberikan kepada 97 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Selanjutnya data yang diperoleh dari lapangan diolah dalam bentuk tabulasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa perhitungan rata-rata (Importance-Performance Analysis) untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang.