Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Penebangan Rute Semarang – Jakarta Pada Batavia Air Perwakilan Semarang

Main Author: Nurlaila K., Ira
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/5688/1/Ira_Nurlaila_K.pdf
http://fisip.undip.ac.id/adbis
http://eprints.undip.ac.id/5688/
Daftar Isi:
  • Sekarang ini dalam dunia penerbangan Indonesia terjadi peningkatan intensitas persaingan yang ditandai dengan banyaknya maskapai penerbangan baru. Adanya persaingan ini membuat setiap perusahaan maskapai penerbangan termasuk Batavia Air berusaha untuk mempengaruhi konsumen atau pelanggan untuk membeli dan menggunakan jasa yang diberikan. Adapun masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah adanya penurunan jumlah penumpang Batavia Air rute Semarang – Jakarta dari tahun 2005 – 2007 yaitu sebesar 6,59% dan 8,62%. Penurunan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga, pelayanan, fasilitas, promosi dan faktor – faktor lainnya. Namun dalam penelitian ini, hanya faktor harga dan faktor promosi yang akan diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian tiket penerbangan Batavia Air rute Semarang - Jakarta. Penelitian ini termasuk dalam tipe eksplanatory research dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan alat analisis tabulasi silang, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.