Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Harian Umum SOLOPOS di Kota Surakarta

Main Author: Wicaksono, Anindityo
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/5643/1/Anindityo_Wicaksono.pdf
http://fisip.undip.ac.id/adbis
http://eprints.undip.ac.id/5643/
Daftar Isi:
  • Harian Umum (HU) SOLOPOS merupakan koran pagi terbesar se-eks karesidenan Surakarta (Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Sragen, dan Wonogiri). Sebagai perusahaan pers, selain memperoleh laba, penerbitan Harian SOLOPOS juga bertujuan memenuhi dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan informasi, mulai dari soal sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Persaingan surat kabar di era kebebasan informasi kini semakin ketat seiring bertambahnya jumlah surat kabar-surat kabar baru. Semakin ketatnya persaingan ini berimbas pada penurunan oplah dalam dua tahun terakhir (2006-2007). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Harian SOLOPOS. Populasi yang digunakan ialah para pembeli eceran Harian SOLOPOS di Kota Surakarta, meliputi kecamatan Banjarsari, Jebres, Lawiyan, Pasar Kliwon, dan Serengan. Banyaknya sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yakni metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment yang digunakan untuk mengukur hubungan antar dua variabel, koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya sumbangan dari variabel independen terhadap variabel dependen, regresi linier sederhana untuk mengetahui kekuatan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial, dan regresi linier berganda untuk mengatahui pengaruh antara dua variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen.