PENGARUH STORE ENVIRONTMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE JAVA MALL SEMARANG

Main Author: Pratiwi, Gladys A
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/5630/1/Gladys_A_Pratiwi.pdf
http://fisip.undip.ac.id/adbis
http://eprints.undip.ac.id/5630/
Daftar Isi:
  • Lingkungan toko merupakan faktor pendukung bagi terciptanya loyalitas pelanggan. Dengan lingkungan toko yang baik, pelanggan bukan hanya berminat untuk mengunjungi, merasa nyaman tetapi juga memiliki kesetiaan terhadap toko tersebut. Elemen-elemen lingkungan toko adalah citra toko, atmosfer toko dan pertunjukkan toko. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya target penjualan dari toko padahal target yang ditetapkan semakin tinggi setiap tahunnya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan toko terhadap loyalitas pelanggan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian menurut tingkat eksplanasinya, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antara lingkungan toko terhadap loyalitas pelanggan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Analisa data dengan analisis kualitatif tanpa angka dan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji T, dan uji F dengan bantuan program SPSS.