KOMPARASI HULL PERFORMANCE PADA KONSEP DESIGN KAPAL IKAN MULTI FUNGSI DENGAN LAMBUNG KATAMARAN
Main Author: | Hadi, Eko Sasmito |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/5524/1/JURNAL_MAJALAH_KAPAL.pdf http://eprints.undip.ac.id/5524/ |
Daftar Isi:
- Bahan bakar merupakan komponen vital dalam dunia industri termasuk didalamnya industri kapal ikan yang diusahakan oleh masyarakat nelayan di negara kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa komponen biaya bahan bakar mengambil porsi sekitar 40% dari total biaya operasional sebuah kapal. Bahan bakar yang dipergunakan oleh industri perkapalan tidak disubsidi oleh negara, tetapi untuk industri kapal ikan yang dijalankan oleh nelayan masih disubsidi oleh negara. Ini akan membuat beban APBN semakin berat. Dalam paper ini akan memberikan sebuah konsep baru tentang kapal penangkap ikan yang mampu menekan penggunaan bahan bakar dan ramah lingkungan. Konsep kapal ikan ini merupakan pengembangan dari model kapal ikan sebelumnya yang telah dikembangkan oleh Laboratorium Desain kapal Fakultas Teknik UNDIP. Kapal ikan ini juga dapat difungsikan selain kapal penangkap ikan atau multifungsi. Dengan variasi jarak demihull, didapat hull performance untuk nilai GZ mempunyai perubahan yang konstan pada semua variasi dan sudut heeling kapal. Nilai hambatan selain dipengaruhi oleh jarak demihull juga dipengaruhi oleh nilai hambatan gelombang. Dan untuk kecepatan ekonomis didapatkan pada kisaran antara 5,5 knot sampai 6,25 knot pada semua variasi jarak demihull. Kata Kunci : Kapal Ikan, Katamaran, Jarak demihull, Stabilitas, Hambatan