HUBUNGAN STIMULASI PERKEMBANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-5 TAHUN DI RW 8 KELURAHAN KALICARI KOTA SEMARANG

Main Authors: Cempaka, Iin, Naviati, Elsa
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/49601/1/PROPOSAL_BUNEG.pdf
http://eprints.undip.ac.id/49601/2/SKRIPSI_IIN_CEMPAKA_WATI.PDF
http://eprints.undip.ac.id/49601/
Daftar Isi:
  • Anak adalah aset yang berharga bagi bangsa. Hal ini menjadi potensi apabila kondisi perkembangan anak diperhatikan dengan baik. Perkembang anak yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya stimulasi. Hasil studi pendahuluan pada 10 orang ibu dengan anak usia 0-5 tahun didapatkan hasil bahwa 60% ibu melakukan stimulasi setiap hari dan 40% ibu melakukan stimulasi sesekali saja. 6 dari 10 anak memiliki perkembangan sesuai, sementara yang lain memiliki perkembangan yang meragukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stimulasi terhadap perkembangan anak usia 0-5 tahun di RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan studi deskriptif korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel 83 responden. Pengambilan menggunakan kuesioner mengenai pemberian stimulasi dan KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) dari Depkes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 51,8% ibu melakukan stimulasi cukup dan 56,63% anak memiliki perkembangan sesuai. Hasil uji korelasi Spearman Rho didapatkan nilai p value 0,001 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan antara stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak usia 0-5 tahun di RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang. Pemberian stimulasi sesuai tahapan usia disarankan untuk dilakukan secara rutin agar anak mencapai perkembangan yang optimal.