Pengaruh Kampanye Pendidikan Media pada Perilaku Anak dalam Menonton Televisi

Main Author: Pradekso, Tandiyo
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/46135/1/Jurnal_Ilmu_Komunikasi001.pdf
http://eprints.undip.ac.id/46135/
Daftar Isi:
  • Riset ini ditujukan untuk mengevaluasi program pendidikan media untuk guru dan orang tua murid SD Mangunharjo dan mengukur pengaruhnya pada perilaku anak menonton televisi. Dengan menggunakan metoda kuasi-eksperimental, hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh tertentu pada perilaku anak menonton televisi. Rata-rata penurunan durasi menonton televisi pada hari libur dan akhir pekan adalah 0,78 jam. Lebih tinggi dari rata-rata penurunan durasi pada hari sekolah (0,25 jam). Meskipun demikian, tidak terdapat perbedaan median total durasi menonton televisi pada hari sekolah antara pre-test dan post-test, yaitu 3 jam. Perbedaan median durasi menonton televisi justru terjadi pada hari libur dan akhir pekan yaitu menjadi 2 jam dari sebelumnya 2,5 jam. Mode durasi menonton televisi pada hari sekolah turun menjadi 2 jam dari sebelumnya yang 3 jam, sementara pada akhir pekan dan hari libur mode-nya adalah tidak menonton televisi (0 jam) dibanding 2 jam sebelum masa kampanye.