Strategic Pathways Toward Sustainable Competitive Advantage
Main Author: | Ferdinand, Augusty Tae |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 1998
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/457/1/Dr._Augusty_Ferdinand%2C_MBA.pdf http://eprints.undip.ac.id/457/ |
Daftar Isi:
- Dalam yang bersaing, perusahaan akan mengembangkan strteginya guna mendapatkan posisi difrensial dengan memberdayakan sumber daya dan kompetensinya sebagai instrument strategic yang khas. 3 Thesis dasar diajukan sebagai berikut : pertama semakin tinggi tingkat kekasan asset srtategik yang dimiliki, semakin tinggi tingkat keunggulan khas perusahaan; kedua, semakin tinggi kemampuan peruhaan untuk memenejemeni (to adjust and fit to ) tekanan dan dukungan lingkungan dan semakin intens orientasi pasar diterapkan sebagai filosofi pemasaran perusahaan, semakin tinggi kinerja perusahaan; ketiga, keunggulan bersaing berkelanjutan bergantung pada derajat keunggulan khas tingkat kinerja perusahaan. Sebuah model menejemen strategic dibangun atas dasar konsepsi social capital resource-based theory of the firm dengan konstruk sebagai berikut: (1) company specific resources, (2) company specific organizational capital, (3) environmental strategic vector (4) competitive market orientation, (5)company specific advantage, (6) company shorttern performance, (7) sustainable competatitive advantage. Structural equation modeling digunakan untuk menguji model ini pada perusahaan-perusahaan bank pekreditan rakyat-BPR-BKK milik Pemda Tk I Jawa Tengah, model mana memberikan pedoman mengenai rute-rute strategic yang dapat ditapaki untuk meningkatkan keunggulan khas perusahaan, kinerja pemasaran perusahaan dan sustainabilitas dari keunggulan-keunggulan kompetatifnya. Pengembangan teori dan dukungan emperik terhadapa konsepsi social capital dalam resource teori mengenai hubungan antara asset strategic, kinerja perusahaan dan sustainabilitas keunggulan bersaingan, merupakan sebuah kontribusi akademik dari penelitian ini.