PENGARUH PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI PEMBERIAN REWARD (HADIAH) TERHADAP MINAT KUNJUNG MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
Main Author: | SETYOWULANDARI, YULIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/45062/2/BAB_II.pdf http://eprints.undip.ac.id/45062/1/BAB_I.pdf http://eprints.undip.ac.id/45062/3/BAB_III.pdf http://eprints.undip.ac.id/45062/4/BAB_IV.pdf http://eprints.undip.ac.id/45062/ |
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Pemberian Reward (hadiah) Terhadap Minat Kunjung Mahasiswa di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi perpustakaan melalui pemberian reward (hadiah) terhadap minat kunjung mahasiswa di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang digunakan untuk melihat hubungan antar variabel. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Negeri Semarang angkatan 2011 yang berjumlah 1268 orang. Sampel yang berjumlah 93 responden ditentukan dengan menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik dengan rumus product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebesar 47% dari 93 responden menyatakan promosi perpustakaan melalui pemberian reward (hadiah) yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang tidak baik. Dari uji statistik product moment diperoleh rhitung = 0,836 dan lebih besar dari nilai rtabel = 0,202. Maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel promosi melalui pemberian reward (hadiah) (X) dengan variabel minat kunjung mahasiswa (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara promosi perpustakaan melalui pemberian reward (hadiah) dengan minat kunjung mahasiswa ke perpustakaan. Semakin tinggi kualitas kegiatan promosi melalui pemberian reward (hadiah) maka semakin tinggi pula minat kunjung mahasiswa ke UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang.