PERBANDINGAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN ASKES DAN PASIEN RAWAT JALAN JAMKESMAS DI POLIKLINIK KULIT DAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BEKASI
Daftar Isi:
- Latar Belakang. Pada hakekatnya manusia mempunyai hak yang sama untuk hidup, termasuk hak dan investasi atas kesehatan. Semua kalangan berhak mendapatkan hak tersebut dengan porsi yang sama termasuk masyarakat miskin. Bentuk upaya pemerintah untuk memenuhi hak masyarakat terkait dengan apa yang sudah diamanatkan oleh Undang-Undang. Departemen kesehatan menetapkan kebijakan untuk lebih memfokuskan pada pelayanan kesehatan, diantaranya adalah ASKES dan JAMKESMAS. Tujuan Mengetahui perbandingan kepuasan pelayanan yang diberikan terhadap pasien poliklinik kulit dan poliklinik penyakit dalam ASKES dan JAMKESMAS di RSUD Kota Bekasi. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional analitik dengan studi cross-sectional. Sampel didapatkan dengan mengambil responden secara consecutive sampling sampai waktu penelitian berakhir yaknibulanJuli 2013. Data primer yang berupa data deskriptif akan disajikan dalam bentuk tabel dengan gambar/ diagram. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square (χ2). Hasil Data interpretasi masing-masing kelas dikenakan uji chi-square (χ2) dan menunjukkan nilai p yang tidak bermakna (p=0,05).Dengannilaiprobabilitaspengujiansebesar 0,460 > 0,05. Kesimpulan.Tidakterdapatperbedaanyang bermaknaantarakepuasanpasienyangmempunyaiAskesdenganpasien yang mempunyaiJamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi. Kata Kunci. kepuasan, poliklinikpenyakitdalam, pasienAskes, pasienJamkesmas