ANALISIS RESPONSIVENESS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP DI RSUD KOTA SEMARANG
Main Author: | WATI, RIKA FERA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/43276/1/4821.pdf http://eprints.undip.ac.id/43276/ |
Daftar Isi:
- Salah satu tujuan dari fungsi sistem kesehatan adalah responsiveness yang merupakan salah satu tujuan utama dari pelaksanaan pelayanan kesehatan. Adanya indikator responsiveness> yang masih rendah menurut IKM, Survey awal peneliti menunjukkan bahwa pelayanan rawat inap masih belum responsif, meskipun RSUD Kota Semarang telah mendapatkan ISO 9001-2008. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui responsiveness pelayanan kesehatan di unit rawat inap RSUD Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif yang ditunjangn metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel 85 pasien rawat inap yang memenuhi kriteria inklusi, informan inti tiga pasien dan empat informan triangulasi dari pihak rumah sakit. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan alat perekam. Dari hasil penelitian bahwa persentase nilai responsifnya mulai dari yang paling besar adalah berturut-turut domain mudah dikunjungi (83.5%) pasien tidak merasa kesulitan dikunjungi, domain keterlibatan pasien (78.8%), domain kerahasiaan (74.1%), domain lama waktu tunggu (62.4%), domain kejelasan informasi (55.3%), kenyamanan (55.3%), Keramahan petugas (54.1%) dan yang paling rendah adalah domain pilihan pasien (50.6%) pasien tidak bisa memilih pelayanan kesehatan yang diinginkan. Responsiveness rawat inap di RSUD Kota Semarang secara umum dilihat dari delapan domain yaitu sebesar 64.7% responden yang menganggap pelayanan rawat inap sudah responsif. Kata Kunci: Sistem Kesehatan, Responsiveness , Pelayanan kesehatan, Rawat inap, RSUD Semarang