Daftar Isi:
  • Sistem parkir yang ada sekarang ini tidak bisa lepas dari barrier gate atau yang di dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai palang parkir, barrier gate ini masih dikontrol secara manual melalui putaran motor yang dikendalikan oleh push button, yang akan berhenti putaran motornya setelah gate tersebut menyentuh limit switch. Untuk sistem yang lebih efektif dan efisien, pada Tugas Akhir ini akan dirancang sebuah sistem kontrol barrier gate yang berkonfigurasi dengan PLC (Programmable Logic Control) dan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) dalam satu kesatuan sistem parkir yang memberikan informasi lokasi parkir. Sistem barrier gate parkir ini dirancang dengan menggunakan motor stepper sebagai aktuator yang akan dijalankan oleh sebuah driver. Driver ini berfungsi sebagai pengendali motor stepper. Sistem barrier gate ini menggunakan 3 buah driver, karena untuk mengendalikan 3 buah motor stepper masing-masing pada main gate yang berfungsi sebagai indikator saat lokasi parkir penuh, in gate sebagai pintu masuk menuju lokasi parkir dan out gate sebagai pintu keluar saat mobil meninggalkan lokasi parkir. Selanjutnya motor stepper ini akan dikonfigurasikan dengan PLC, sehingga kecepatan putaran motor dan sudut buka barrier gate dapat diatur sesuai program yang ada pada ladder diagram. Pergerakan motor stepper sebagai aktuator barrier gate mempunyai dua arah putaran, putaran kearah forward untuk proses membuka dan putaran kearah reverse untuk proses menutup. Motor stepper ini mempunyai kecepatan putar 0,1 second per step dan mempunyai torsi 0,00409 N.m. Kata kunci : Barrier gate, driver, motor stepper, PLC, SCADA.