Daftar Isi:
  • Pada industri perminyakan, penentuan instalasi perpipaan merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan pada proses transportasi air-minyak. Belokan, pembesaran maupun pengecilan mendadak, pemasangan katup dan berbagai jenis lainnya walaupun menimbulkan kerugian namun sangat sulit untuk dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan visualisasi pola aliran, koefisien rugi serta penurunan tekanan pada pipa pengecilan mendadak dengan rasio diameter 21:16 cm untuk aliran campuran air-crude oil. Variasi yang diberikan berupa penambahan fraksi volume minyak dalam aliran hingga 10% serta laju aliran yang didasarkan pada bukaan katup 1⁄2, 1 1⁄2, and 3 1⁄2 putaran. Visualisasi didapatkan dengan alat bantu seperti kamera dan video perekam. Nilai penurunan tekanan dihitung dari data perbedaan tekanan antara pipa besar dan kecil pada pengecilan mendadak yang diukur dengan manometer U. Koefisien rugi pada pengecilan mendadak dihitung dengan menggunakan tiga metode: analisis berdasarkan profil gradient tekanan, penghitungan dengan mempertimbangkan impuls momentum serta analisis terhadap daerah efektif aliran. Pola aliran yang didapat pada pengujian ini adalah aliran inti tipis (thin core flow). yang menggambarkan inti tipis bergelombang dan tidak seragam pada penampang pipa. Lapisan yang terbentuk dekat dengan dinding pipa juga menunjukkan pergeseran inti ke daerah tengah pipa. Hasil penghitungan penurunan tekanan berkisar antara 7000-22000 Pa. Sedangkan nilai rata-rata koefisien rugi kontraksi berkisar antara 0.3-0.9. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola aliran, koefisien rugi kontraksi serta penurunan tekanan dipengaruhi oleh kecepatan aliran dan penambahan fraksi volume crude oil dalam aliran. Kata kunci: pengecilan mendadak, air - crude oil, penurunan tekanan, koefisien rugi kontraksi